• Latest News

    Wednesday, July 13, 2016

    The Best Of SMKF IKIFA (Part 1) – Alasan Masuk Farmasi, Romansa Tahun Pertama

    Ceritanya foo keluarga - ISSMAF IKIFA 2013-2014



    Kira-kira apa yang terbesit dalam pikiran gua sampai akhirnya tertarik buat nulis tentang sekolah tercinta ini. Beberapa hari belakangan ini, gua lagi ada projek bikin video bareng temen gua yang lagi ikut kontes pemuda pelopor nasional. Kebetulan doi adalah temen smk gua yang berarti dia adalah anak ikifah, bersama dia ga jarang gua sering ngomong-ngomong tentang ikifa, yang akhirnya menarik pikiran buat nulis artikel ini. Sebenernya, banyak banget yang spesial di sekolah ini, terutama bagi perkembangan wawasan gua sendiri. Entah kenapa, 3 tahun bersekolah disini wawasan yang gua dapet kaya sekolah 6 tahun (SD kaleee..).

    Tapi serius, jujur demi apapun ga ada sedikitpun pikiran bagi gua buat masuk yang namanya SMK Farmasi. “Disuruh orang tua..” itu kalimat yang selalu terlontar dari mulut gua setiap ditanya kenapa mau masuk farmasi. Walaupun sebenernya gua udah nyiapin puluhan jawaban lain kalo di tanya kaya begitu, salah satunya kaya “Gua dapet ilham” atau “Setelah bertapa 7 Hari 7 malem di warnet, dan sesuai weton dari primbon.com, gue harus masuk farmasi!’. Pengen banget ngasih jawaban lain selain disuruh orang tua, tapi apa daya itulah alasan terkuat gua yang gua pegang hingga gua lulus, dan hingga sekarang gua kerja di dunia farmasi.

    Sedikit cerita, kakak gua dulu waktu SMP bercita-cita banget jadi Asisten Apoteker, setelah dia bertemu dengan siswa tunas bangsa dibawah atap pertokoan di kala hujan deras (FYI kakak gua saat itu berteduh juga bareng temennya yang sekarang jadi suaminya, ciiieeehh).  Dan setelah konsultasi dengan emak gua yang ngedukung banget kalo soal pendidikan, bahkan waktu itu sampe jual rumah demi masukin kakak gua ke farmasi. Diputuskanlah kakak gua buat daftar didua pilihan yaitu DITKESAD dan IKIFA (dulu masih di rawamangun).

    Tapi, kakak gua itu orang yang menyukai tantangan. Akhirnya dia ikutlah tes masuk di DITKESAD yang seleksi nya itu kaya seleksi alam di benteng takeshi, dimana dari 800 orang yang lolos cuman 83 orang. Dan alhamdulillah kakak gua ke terima, sekarang doi udah tercapai cita-citanya. Ga butuh waktu lama setelah lulus dia udah jadi Asisten Apoteker beneran, dan sekarang dia udah 10 Tahun kerja jadi AA di rumah sakit swasta ternama.

    Oke balik ke judul, apa sih yang the best dari SMKF IKIFA ini? Banyak bro. Berbekal kesuksesan kakak gua, emak gua dengan hati yang mantap masukin gua ke IKIFA. Jujur, gua emang anak kesayangan emak gua, emak gua gamau gua masuk ditkesad karena gamau ngeliat gua keling kena tatar di pusdikes, oke jiwa laki gua merasa hilang disini wkwk. Lalu dipilihlah IKIFA, semua budget dan biaya sudah di persiapkan. Dan gua tinggal tes aja, FYI saat test masuk IKIFA gua abis ujian praktek selama seharian di SMP, dan gua ga ada persiapan sama sekali buat ikut tes masuk. Karena emak gua yang saking ngebetnya biar gua bisa buru-buru dapet seragam putih-biru muda, yaudah saat itu juga dengan muka loyo abis UP gua ikut tes masuk ikifa.

    Jujur lagi nih, masuk ke ikifa mungkin gua ga ngerasain perjuangan seberat kakak gua dulu, lebih santai walaupun tanpa persiapan. Yah itu kelebihan pertama, dan selalu IKIFA tidak pernah membebani muridnya, baik dari jam pelajaran ataupun bobot pelajaran. Entah pakai sistem apa yang pasti belajar di IKIFA itu ringan tapi nancep gitu. Bahkan kalau dibandingin di SMP, gua lebih HAMPIR mati belajar di SMP.

    Sedikit cerita, waktu sebelum masuk ke ikifa ada tes kesehatan juga, dan lucunya gua ga nemuin nama gua di daftar peserta tes kesehatan. Keringet dingin campur deg-degan gua kira gua gak akan terdaftar jadi murid ikifa sampai akhirnya gua ngeliat sebuah nama yang gak asing, “GILANG AL QAROMA”!! Wait, who is this? Berbekal gatau ini nama siapa gua tetep ikut aja itu tes kesehatan. Dan dua minggu atau sebulan setelahnya dimulai lah masa-masa ospek. Disini di skip aja karena ada kejadian gua joget-joget didepan anak seangkatan bareng grup zumba dance gua.

    Di tahun pertama, gua masuk kelas X-3 yang waktu itu wali kelasnya bu Dwi (Guru UUK), FYI bu dwi care banget sama murid X-3 bahkan sama murid X-3 yang menurut gua ga perlu di kasih perhatian. Di tahun pertama, gua kepilih jadi ketua kelas, bahkan 2 tahun setelah ini pun gua masih jadi ketua kelas, wkwk. Banyak yang the best di kelas X. Dimana pelajaran baru memasuki tahap pengenalan, disini banyak banget pelajaran yang menurut gua belom farmasi banget sih. Masih tahap-tahap awal, istilah orang minum obat baru sampe tahap masuk lambung aja belom sampe absorbsi apalagi distribusi.

    Di kelas X ini, adalah masa-masa dimana pelajaran kimia dasar paling ditunggu-tunggu, karena pak Endang adalah idola para siswi-siswi dikelas X dulu. Bahkan waktu itu akun twitter ISSMAF nge-tweet pic pak endang dan di RETWEET sampai hampir 60x.  Inget banget, di kelas gua dulu kimdas dalam seminggu ga dibagi hari, jadi langsung satu hari dapet 4 jam kimdas. Dan disitu banyak wanita dikelas lain merasa ini bukanlah suatu keadilan. Padahal asal kalian tau sis, waktu itu kelas gua kena kimdas materi 2 jam pertama, pengulangan 15 menit, dan lanjut ulangan di 2 jam selanjutnya (gileeee). Tapi berkat itu, sampe sekarang otak gua masih lekat banget sama yang namanya feri coki niat curi. Apalagi sama mangano mangani, ferro ferri, niklo nikli, plumbo plumbi. Atau sama 1s2, 2s2, bla bla bla.

    Selain kimdas, juga ada pelajaran farmakognosi, dimana berkat pelajaran ini di bab kedua kita akhirnya kenal istilah khasiat-khasiat medis kaya adstringen itu apa, amara itu apa, antidota itu apa, dll dsb dan begitulah. Di semester satu pun kita masih menganggap farkog lebih sulit dari farkol, sebelum akhirnya kita semua ditampol sama kemoterapi beserta spesialitnya.

    Di bela-belain belajar farkol di tengah banjir, gatau ini siapa


    FYI, di bab kemoterapi inilah gua sekarang mulai sadar betapa pentingnya farmakologi di dunia kerja. Seandainya dulu lebih sungguh-sungguh, pasti ga akan kesulitan sekarang ngasih KIE ke pasien. Seandainya dulu lebih mesra sama spesialit dan informasi obat, pasti gak akan kebingungan begitu di tempat kerja ketemu sama ratusan item obat. Yah, penyesalan bukanlah pendaftaran, Tapi jangan sampai mendaftar untuk menyesal. Semoga buat adik kelas yang masih ketemu buku farkol, tolong disayang-sayang tiap babnya itu, karena baca brosur obat lebih njelimet dibanding baca buku farkol yang kata-kata dan kalimatnya sudah dirangkai semudah mungkin.

    Ohya side story nih, di tahun pertama gua tertarik sama someone, doi temen sekelas, yang terpendam terus selama 3 tahun. Tapi diakhir kelas 3 akhirnya taken kok sama doi wkwkw, oke ini Cuma side story jadi gausah dibahas lebih lanjut tapi boleh di tanyain di komentar atau silahkan kirim sms ke nomor di bawah ini. Selama di kelas X, 4 kali gua ketemu ujian, dan jujur gua yang awalnya ga niat buat masuk farmasi, sama sekali ga nemuin kesulitan buat ikut ujian disini.

    Entah karena  cara belajar gua yang SKS (Sistem Kebut Sesukanya) atau cara mengajar guru-guru disini yang keren, top, dan bahkan friendly banget, jadinya gua tetep bisa enjoy walau lagi dagdigdug ujian. Gua liat di ikifa itu antara murid dan guru ga ada jarak, ga ada itu yang namanya di cubit terus lapor polisi. Bahkan hampir setiap murid punya guru terdekat untuk dijadikan teman curhat. Kebetulan gua deketnya sama pak darmawan, guru agama. Jadi alhamdulillah, curhat dapet syariat juga dapet, hahayy.

    Di akhir tahun pertama ini ada pemilihan ketua ISSMAF (ISSMAF itu semacam OSIS lah). Dan kelas gua ngedukung banget buat gua jadi ketua ISSMAF, sebuah jabatan yang kelak kurang bisa gua maksimalkan. Dan akhirnya terpilihlah gua jadi ketua ISSMAF, special? Banget. Gua yang niatnya masuk farmasi Cuma dateng belajar terus pulang, akhrinya jadi anak yang sering pulang kesorean karena ngurusin proposal, mading, mading digital, dan lain-lain.


    Tahun pertama ditutup dengan banyak romansa cinta, persahabatan, ujian, dan banyak juga yang lainnya. Di kelas X dan di tahun pertama ini skill komputer gua pun berkembang, skill yang akhirnya jadi passion gua untuk ke depannya. Skill komputer, skill desain, dan banyak skill lain yang didapat di sekolah farmasi ini, skill yang ga diajarin tapi entah kenapa bisa berkembang di sekolah ini. Bahkan skill-skill itu yang lebih menonjol dari skill farmasi gua sendiri, dan hebatnya guru-guru di IKIFA selalu mendukung. So, this is the best part 1, just wait for the next post. And thank you for reading. See yaa..
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    2 comments:

    Item Reviewed: The Best Of SMKF IKIFA (Part 1) – Alasan Masuk Farmasi, Romansa Tahun Pertama Rating: 5 Reviewed By: Gilang al Qarana
    Scroll to Top