• Latest News

    Saturday, May 21, 2016

    Facebook Untuk Bisnis, Kenapa Tidak?


    Apakah menurut kalian facebook hanya sekedar media sosial yang digemari oleh kalangan remaja? Bisnis tidak mengenal waktu dan tempat, aliran uang akan terus berjalan seiring kemampuan kita dalam memasarkan suatu barang atau jasa. Kalian memiliki kemampuan lebih dalam hal berbisnis? Tak perlu lagi mengetuk pintu-pintu rumah untuk menawarkan produk kalian, cobalah lirik lahan bisnis di facebook.

    Bagi kalian pengguna internet, pasti sangat familiar dengan jejaring sosial yang satu ini. Selain sebagai media komunikasi global, facebook juga dapat digunakan bagi kalian para pencari laba. Berbisnis dengan facebook bukanlah hal yang sulit, kalian tidak perlu repot mendatangi pelanggan karena di facebook pelanggan-pelanggan akan datang dengan sendirinya. Dalam dunia maya, facebook memang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat, tak jarang wirausaha mulai dari pelajar hingga ibu rumah tangga mampu memanfaatkan peluang bisnis yang terbuka lebar di jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini. Kali ini kami akan membahas beberapa jenis usaha yang dapat dilakukan bagi kalian yang ingin berbisnis menggunakan facebook :

    1. Menjadi Seorang Reseller
    Bisnis ini tidak perlu memerlukan modal, kalian hanya membutuhkan skill dalam memasarkan suatu produk. Untuk kalian yang telah lama menggunakan facebook, biasanya memiliki banyak teman di akun kalian. Mulai dari yang kalian kenal hingga yang tidak pernah anda kenali hingga saat ini. Banyaknya teman ini bisa kalian manfaatkan sebagai peluang dalam berbisnis reseller. Kalian bisa daftar menjadi member reseller sebuah toko online ataupun toko-toko lainnya, setelah itu kalian hanya tinggal mempromosikan kembali barang-barang yang dijual toko tersebut di akun facebook kalian.

    Dengan banyaknya teman di akun kalian maka akan semakin banyak pula yang melihat kegiatan promosi yang kalian lakukan. Jika kegiatan promosi berhasil maka akan semakin banyak produk yang terjual, dan keuntungan yang di dapat akan semakin banyak. Ingat prinsip sebagai reseller, harga beli sudah tertera namun harga jual kita yang tentukan.

    2. Penawar Jasa
    Apakah kalian memiliki kemampuan dibidang IT, Multimedia, atau bidang jasa lainnya? Silahkan mempromosikan keahlian kalian tersebut melalui akun facebook yang kalian miliki. Tuliskan saja keahlian-keahlian yang kalian miliki itu distatus facebook, beberapa orang yang membutuhkan jasa kalian pasti akan segera mengirim private message ke  akun facebook kalian. Mulai dari sini, kalian bisa membuka usaha dibidang jasa melalui akun facebook yang kalian miliki.

    Selain itu kalian bisa mengganti nama opsional akun facebook kalian dengan usaha jasa yang kalian tekuni. Misalkan memiliki keahlian dibidang IT , kalian bisa tulis nama opsional akun facebook kalian menjadi “Service Computer” atau bisa juga “Windows Doctor”. Ingat nama opsional ini akan memudahkan dalam pencarian, jadi buatlah se-umum mungkin yang mudah dicari dan menarik perhatian konsumen.

    3. Mendirikan Fanspage
    Inilah salah satu fasilitas facebook yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis di facebook. Berbeda dengan menggunakan akun, melalui fanspage konsumen hanya perlu menekan tombol like tanpa mengirim permintaan pertemanan. Promosikan barang-barang serta jasa yang kalian tawarkan, buat album photo khusus untuk beberapa produk dengan jenis yang berbeda. Buat juga album khusus untuk testimonial. Pasang informasi kontak dengan sedetail mungkin di fanspage yang kalian kelola untuk memudahkan konsumen menghubungi kalian.

    Jika dirasa kurang optimal kalian bisa mencoba mengiklankan fanspage yang kalian kelola tersebut melalui facebook dengan estimasi like atau penyuka yang sudah diperkirakan oleh facebook. Melalui iklan ini pun akan menambah pengunjung di fanspage kalian, bertambahnya pengunjung berarti bertambah juga konsumen yang melihat produk-produk yang kalian jual. Sering-sering buat penawaran menarik untuk konsumen agar fanspage kalian semakin dilirik oleh pengguna lainnya. Lakukan update secara rutin, dan sebisa mungkin jawab semua pertanyaan konsumen agar fanspage yang kalian kelola bisa terus diminati.

    4. Bergabung Dengan Sebuah Grup
    Inilah cara terakhir yang bisa kalian manfaatkan dalam hal berbisnis menggunakan facebook. Bergabunglah dengan grup yang sekiranya mampu membuka peluang bisnis untuk kalian. Sesuaikan topik yang didiskusikan dalam grup dengan barang atau jasa yang kita jual. Misalkan kalian tergabung dengan grup komunitas pencinta animasi jepang, maka kalian bisa menawarkan produk-produk seperti perlengkapan cosplay, kaos anime, kaset atau DVD koleksi anime, atau bisa juga menawarkan jasa seperti make up cosplay, translator manga dan anime, editor video anime, dll.

    Namun, promosi melalui grup ini semakin ditinggalkan seiring banyak diberlakukannya aturan-aturan yang melarang promosi oleh admin pengelola grup. Namun, tidak jarang juga grup yang masih menerima kegiatan-kegiatan promosi ini. Selain itu kalian bisa memilih grup-grup dengan banyak anggota yang meyakinkan untuk kegiatan promosi. Carilah grup yang minimal memiliki anggota aktif lebih dari 1000 dan merupakan grup terbuka agar kegiatan promosi yang kalian lakukan dapat berjalan lancar.


    Cobalah untuk memanfaatkan fasilitas yang ada, melalui jejaring sosial yang gratis ini kita dapat mencari penghasilan yang lebih dan menjanjikan. Pemasaran secara massal melalui jejaring sosial seperti facebook dapat sukses seandainya kalian bisa mempromosikan dengan baik. Saran kami, janganlah melakukan tagging foto ataupun status yang berlebihan kepada orang lain dengan tujuan menambah konsumen. Karena justru hal ini sering dianggap sebagai spam dan malah membuat konsumen menjauh dari bisnis yang kalian kelola.

    Video Tips :


    Add My Facebook : Gilang Al Qarana
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Facebook Untuk Bisnis, Kenapa Tidak? Rating: 5 Reviewed By: Gilang al Qarana
    Scroll to Top